Polling

Bagaimanakah kinerja instansi pemerintah daerah di Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Grand Final Pemilihan Duta GenRe Tingkat Kabupaten Kebumen

Berita Terbaru 22 Juni 2020 14:08:21 WIB operator web dibaca 172 kali

DinsosPPKB-sukses menyelenggarakan acara Grand Final Pemilihan Duta GenRe (Generasi Berencana) tingkat Kabupaten Kebumen pada Selasa (16/6/20). Meskipun dilaksanakan di tengah pandemi Covid 19, namun hal tersebut tidak mengurangi antusiasme para peserta. Pelaksanaan pemilihan Duta GenRe tersebut tetap mengedepankan protokol kesehatan yaitu dengan menggunakan masker dan menjaga jarak sosial.

Kepala Dinsos PPKB Kabupaten Kebumen, Drs. Eko Widianto dalam sambutannya menyampaikan pelaksanaan pemilihan Duta GenRe Kabupaten Kebumen dilaksanakan melalui 3 (tiga) tahap yakni penilaian administrasi, tes tertulis online serta sesi penjurian dengan pertanyaan seputar persiapan perencanaan kehidupan berkeluarga dan permasalahan pada remaja.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kebumen yang hadir mewakili Bupati menyampaikan remaja menjadi bagian dari demografi yang dimiliki Indonesia, untuk itu harus dipersiapkan sebaik mungkin sebagai sumber daya manusia yang berkualitas, unggul, cerdas, komprehensif, produktif, inovatif dalam interaksi sosial, sehat dan menyehatkan dalam interaksi alamnya. Salah satu upayanya yaitu melalui Progran GenRe.

Dari 50 (lima puluh) peserta se-Kabupaten Kebumen yang mengikuti tahap seleksi hanya ada 6 (enam) finalis yang berhasil melaju ke babak grand final. Peserta yang telah masuk 6 (enam) besar tersebut akan menyampaikan pidato dengan tema yang dipilih secara acak. Penilaian dilaksanakan dengan mengacu pada indikator tentang pemahaman program GenRe khususnya pengelolaan PIK (Pusat Informasi dan Konseling) remaja, memiliki pemahaman yang baik terhadap substansi program GenRe yang menyangkut kesehatan reproduksi remaja, penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja, life skill serta kependudukan dan pembangunan keluarga. Selain itu, peserta harus mempunyai kemampuan komunikasi yang baik (public speaking), berkepribadian baik, memiliki jiwa kepemimpinan dan jiwa yang positif, memiliki kemampuan dalam mengembangkan dan menjalankan program kerja serta memiliki bakat yang dapat ditampilkan. Nantinya, Duta GenRe yang terpilih tersebut akan mewakili Kabupaten Kebumen pada ajang yang sama di tingkat provinsi.

Farrel Hafiz Anderson dari Kecamatan Rowokele dan Tri Wulan dari Kecamatan Adimulyo berhasil menyabet gelar Duta GenRe Kabupaten Kebumen Tahun 2020. Penobatan dilakukan oleh H. Ahmad Ujang Sugiono, S. H. selaku Sekretaris Daerah Kebumen. Sementara itu, jauara 2 (dua)  diraih oleh Daffa Panji Perdana dan Diva Maulida. Juara 3 (tiga) berhasil diraih oleh Harvest Aftar Al Jibran dan Faradisa Djasmine Anderson.

Duta GenRe tahun 2020 tersebut diharapkan dapat membangun inovasi dan kreativitas pendidik sebaya dan menjadi konselor sebaya dalam pemberian akses informasi, pendidikan dan konseling di PIK R/M. Dapat membangun apresiasi kepada pendidik sebaya yang telah melaksanakan perannya dengan baik sehingga berkomitmen tinggi untuk meningkatkan kualitas PIK R/M dalam Program Pembinaan Ketahanan Remaja. Selain itu, dapat melaksanakan aksi nyata dalam pemberdayaan masyarakat melalui keterampilan di wilayah PIK R/M.